free hit counter code

Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer

Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer

Resep kue putri ayu kukus pandan yang enak - Assalamualaikum sahabat dan kawan bundo, kita bahas tentang cara membuat kue putri ayu yuk. Kue ini merupakan salah satu aneka kue basah yang satu ini pastinya sudah pernah anda dengar, bahkan menjadi kue yang paling anda sukai. Sebelumnya bundo sudah pernah berbagi kepada anda tentang cara membuat kue nastar lembut, yang merupakan salah satu cookies yang paling terkenal saat lebaran tiba. Beragam aneka resep kue putu ayu atau kue putri ayu ini di internet yang bisa anda dapatkan ketika mengetikkan kue ini contohnya seperti kue putu ayu gula merah, putu ayu ketan hitam atau bentuknya seperti mie bihun, kue putri ayu kukus,  kue putu ayu pandan, putu ayu coklat yang lembut teksturnya dan enak rasanya meskipun sederhana dan ada pula kue putri ayu pelangi. Untuk membuat kue putri ayu ini sudah pernah dibahas disalah satu forum, mungkin kalian tahu forumnya yaitu ncc. Namun membahas bagaimana cara membuat kue putri ayu tanpa mixer dan dipadukan dengan bahan lainnya seperti keju.
Baca juga resep kue talam
Namun pada kesempatan kali ini, bundo akan berbagi tentang satu resep lagi yakni resep kue putri ayu, dimana kue ini adalah menjadi kue yang bundo sukai juga. Ciri asli dan khas bundo saat menyantap kue yang satu ini yang sering kali memakannya adalah parutan kelapa atau topping nya terlebih dahulu, baru kemudian kue lembut nya. Cara membuat kue putri ayu atau kue putu ayu kukus sangatlah mudah, mau adonan kue putu ini menggunakan atau tanpa santan. Biasanya variasi yang sudah tidak lazim lagi alias sudah tidak asing adalah kue putri ayu gula merah ataupun ketan hitam dan bahan adonannya terbuat dari tepung beras dan singkong. Bagi anda yang ingin mencari resepnya di youtube juga ada video nya loh kawan.

Kue putri ayu merupakan kue jenis basah yang asli dari Indonesia dengan rasa manis dan juga wangi pandan. Pada bagian atas ada parutan kelapa yang menjadikan rasa dari kue ini menjadi sedikit asin dan juga bercampur dengan manisnya pandan. Kue ini biasa dijual di pasar subuh yang ada di dekat rumah, Anda dapat mencobanya bila mau. Dibeberapa daerah yang lain kue ini juga sering kali disebut sebagai kue putu ayu, namun bentuk dan juga cara pembuatannya tak jauh berbeda, bahkan bisa dikatakan sama persis prosesnya. Kue ini biasanya wajib hadir dalam acara arisan keluarga atau saat buka puasa bersama, pasti Anda akan sangat setuju.

Tampilan dari kue ini akan sangat menggoda lidah dan juga nafsu, apabila Anda makan kue ini dengan cara membelinya, saat ini bundo akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana cara untuk membuat kue putri ayu. Dan pastinya bundo juga akan membagikan resep kue putri ayu khusus bagi Anda pembaca setia. Berikut ini adalah tahapan demi tahapan yang harus Anda lakukan ketika akan membuat kue yang lembut ini, simak dengan teliti ya kawan tentang resep dan cara membuat kue putri ayu yang enak juga lembut berikut.

Bahan Kue Putri Ayu

  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Tepung terigu diayak 125 gram
  • 1 sendok teh garam
  • Pasta pandan segala jenis merk
  • Santan 100 ml, didihkan
  • Emulsifier sebanyak 1 sendok teh
  • Kelapa parut sesuai selera
  • Garam halus secukupnya untuk campuran kelapa parut
Baca Juga Cara Cepat Membuat Kue Dadar Gulung

Cara Membuat Kue Putri Ayu

  1. Kocoklah bahan misalnya seperti gula pasir, telur, garam, dan emulsifier sehingga akan menjadi adonan yang mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu juga yang telah diayak, santan, dan pasta pandan kedalam adonannya. Campurkan sampai semua bahan bisa menyatu pada adonan.
  3. Siapkan cetakannya beberapa buah, isi kelapa parut yang sudah diberi campuran sedikit garam, beri tekanan agar padat.
  4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai memenuhi 3/4 cetakan.
  5. Kukuslah selama kurang lebih 15 menit, angkat dan keluarkan dari cetakan.
  6. Siapkan piring untuk menaruh kue, sajikan bersama dengan keluarga.

Kue putri ayu memiliki tekstur yang lembut dan empuk bila digigit, jadi sangatlah cocok jika dimakan oleh anak dibawah umur. Untuk pria yang sudah lansia dimana giginya sudah tidak kuat lagi untuk mengunyah makanan keras dapat mengganjal perutnya dengan kue yang satu ini pastinya. Resep cara membuat kue putri ayu dari tepung beras yang enak ini dapat Anda catat dalam buku supaya suatu saat ketika Anda menginginkan untuk membuatnya lagi tak perlu repot-repot lagi berselancar di Internet, hanya cukup ricek buku resep Anda. Demikianlah informasi tentang resep kue putri ayu yang bisa bundo bagikan, terima kasih.
Baca juga resep kue donat kentang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Simpel Membuat Kue Putri Ayu Yang Enak Tanpa Mixer"

Post a Comment